“MENCIPTAKAN IKLIM YANG KONDUSIF” KPUM SUKSESKAN DEBAT PARTAI - Tinta Pergerakan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

“MENCIPTAKAN IKLIM YANG KONDUSIF” KPUM SUKSESKAN DEBAT PARTAI

Share This

Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) IAIN Kudus tahun ini mengadakan debat partai yang SSdiikuti oleh 10 partai diantaranya PRM, PMM, PDM, PIC, PNT, PKM, PMI, PPCM, PSP, PMP. Beberapa partai tersebut sebelumnya telah lolos seleksi pada hari Senin (26/11) lalu.
Dari penyelenggara KPUM mengadakan debat partai yang fungsinya untuk mengetahui visi, misi, dan tujuan partai tersebut untuk memperebutkan kursi di Senat Mahasiswa (SEMA) dimana SEMA nantinya adalah lidah penyalur aspirasi mahasiswa. Partai yang terpilih nanti akan menjadi acuan bagaimana selanjutnya demokrasi dalam kampus bisa tercapai dengan semestinya. Dan diharapkan mahasiswa bisa aktif dalam kampusnya sendiri serta menyampaikan aspirasinya untuk kemajuan demokrasi dalam kampus sendiri. 
Terselenggaranya debat ini juga membutuhkan kerjasama dari para penyelenggara KPUM dari mulai seleksi hingga terpilihnya beberapa partai yang bisa maju sesuai dengan syarat dan ketentuan yang semestinya dengan adil tanpa adanya tumpang tindih antar panitia.
Acara debat ini dapat terlaksana dengan baik dan bisa kondusif, tidak seperti tahun –tahun sebelumnya. Strategi yang digunakan oleh penyelenggara KPUM  juga sangat berbeda sehingga acaranya bisa berjalan dengan lancar. 
Panitia penyelenggara mengadakan acara ini di Gedung Olahraga agar bisa berjalan dengan kondusif, karena mengingat pada debat tahun lalu yang diadakan di depan Kantor Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) terjadi kericuhan dari berbagai pihak sehingga bisa mengganggu jalannya acara. Para partai memiliki strategi dan sistem masing-masing untuk menarik simpati massa agar memberi dukungan dan suara mereka untuk memilih partai yang diinginkan.
Antusias para pendukung juga tak kalah ricuh dengan partai yang sedang debat, dari beberapa partai tidak ada yang melanggar ataupun melakukan kecurangan dan bersaing secara sehat dengan menyalurkan ide atau pendapat tanpa mengurangi rasa toleransi antar partai.
Penyelenggara KPUM  juga melakukan beberapa tindakan mulai dari menyebarkan brosur, broadcast, pamflet agar para mahasiswa bisa melihat kandidat yang nantinya akan debat untuk merebutkan kursi di Senat Mahasiswa (SEMA). Penyelenggara KPUM juga sudah mengantisipasi supaya mahasiswa tidak ada yang golput.
Salah satu dari pendapat ketua partai (PMM) mengatakan bahwa acara debat kali berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan sangat kondusif. Dan akan tetap menjadi satu walaupun nantinya harus ada satu yang dipilih untuk menjadi pemimpin. Kegiatan yang dilakukan dari PMM setelah debat, kira-kira akan diadakan rapat untuk anggota. Dan PMM juga sudah menyampaikan aspirasi agar diberi dukungan dan suaranya. 
Reporter Evi Roudlotul Jannah dan Medan Wijaya

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages